Agar Puasa Lancar, Hindari Makanan-Makanan Ini
Agar Puasa Lancar, Hindari Makanan-Makanan Ini
28/05/2017
Hal yang Disarankan Agar Frustasi Tak Berubah Jadi Murka
Hal yang Disarankan Agar Frustasi Tak Berubah Jadi Murka
02/06/2017
7 Cara Menahan Lapar Saat Puasa

Memasuki bulan Ramadhan, menahan lapar saat puasa mungkin menjadi salah satu hal terberat yang harus kamu lakukan. Apalagi kalau kebiasaan kamu setiap hari keliling Jakarta dan berburu makanan-makanan terbaik yang pernah ada. Nggak masalah kok untuk berwisata kuliner atau liat-liat deretan makanan enak di Nibble atau social media, itu bisa dijadikan referensi buat buka puasa. Kalau kamu sering gagal melawan lapar dan haus selama puasa, kita mau kasih tau rahasianya agar puasamu lancar. Daripada penasaran, yuk simak 7 cara menahan lapar saat puasa berikut ini!

1. Jangan Makan Bubur atau Mie Instan Saat Sahur

Tahukah kamu saat sahur sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein. Jangan makan bubur atau mie instan saat sahur ya karena sensasi kenyang yang akan kamu rasakan hanya sebentar saja. Kedua makanan ini mengandung glikemik yang tinggi, kamu bisa cepat lapar lagi, dan ini bisa membuat kamu gagal menahan lapar saat puasa. Sebaiknya ganti konsumsi kedua menu tersebut dengan lebih banyak sayuran dan buah, lemak yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama, serta sumber protein. Kalau kepepet nggak bisa masak saat sahur, kamu bisa langsung menuju restoran 24 jam di Jakarta.

2. Jalan-Jalan di Sore Hari

Mungkin kamu akan merasa tips yang satu ini nggak masuk akal. Lagi lapar dan haus kok justru harus jalan-jalan? Well, ternyata jalan-jalan itu bisa mengalihkan rasa laparmu. Tidak hanya jalan-jalan, melakukan olahraga lainnya juga bisa membuat kamu menahan lapar saat puasa dengan baik. Yang harus diperhatikan adalah waktu olahraganya. Sebaiknya lakukan olahraga di sore hari, menjelang buka puasa. Ini agar saat buka puasa, kamu bisa memulihkan tenaga dengan asupan makanan dan cairan yang cukup. Ingat ya, jangan berolahraga di siang hari karena risiko mengalami dehidrasi akan semakin tinggi.

3. Banyak Minum Air

Puasa itu tidak berarti kamu mengurangi asupan cairan ke tubuh. Meskipun jam makanmu tidak sebanyak biasanya, pastikan asupan cairan yang kamu konsumsi sama seperti hari-hari saat sedang tidak puasa. Tubuh kita tetap butuh minimal 2 liter air per hari. Untuk memastikan asupan cairan ke tubuh selalu cukup, terapkan saja sistem 242. Ini artinya, kamu harus minum 2 gelas air putih saat buka puasa, 4 gelas air putih di antara jam makan malam sampai mau tidur, dan 2 gelas air putih waktu sahur. Dengan begitu kamu bisa menahan lapar saat puasa dan terhindar dari dehidrasi.

4.Makan Sumber Karbohidrat Kompleks

Selain mengonsumsi buah dan sayuran saat sahur, seperti yang sudah kita jelaskan di poin No.1, kamu juga bisa menahan lapar saat puasa dengan makan karbohidrat kompleks. Kenapa? Karbohidrat kompleks itu membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh kita. Dan itu berarti kamu akan merasa kenyang lebih lama. Beberapa makanan yang mengandung Karbohidrat kompleks antara lain nasi merah, kentang, oatmeal, ubi, serelia utuh, dan quinoa yang super sehat.

5. Minum Yoghurt Waktu Sahur

Walaupun terasa asam, yoghurt ternyata cukup aman untuk dikonsumsi saat buka puasa atau sahur. Tidak hanya baik untuk pencernaan, bakteri baik pada yoghurt juga akan menjaga kesehatan mulut dan gigi kamu. Dalam satu porsi yoghurt, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat karena yoghurt mengandung kalori, lemak, serta protein. Berhubung yoghurt juga mengandung glikemik rendah, minuman ini sebaiknya diminum setelah makan terakhir saat sahur. Sensasi kenyang yang dihasilkan terasa lebih lama dan akan membuta kamu sukses menahan lapar saat puasa.

6. Konsumsi Madu

Ada satu rahasia yang nggak bakal bikin kamu tetap capek mesti aktif beraktivitas selama puasa, yaitu dengan cara rutin meminum madu. Madu mengandung glukosa yang nantinya akan diproses tubuh menjadi energi. Meski begitu, kandungan gulanya rendah jadi bisa membantu tubuh kamu menjaga kadar gula darah. Ini sangat bermanfaat buat tubuh karena kamu bisa lebih semangat lagi menahan lapar saat puasa. Apalagi madu bisa diolah jadi berbagai makanan dan minuman, bisa jadi selai, atau pelengkap dessert. Efek positifnya juga bisa membuat kamu tetap fit karena bisa membunuh kuman atau bakteri yang bisa menimbulkan infeksi.

7. Tidur Cukup & Batasi Aktivitas

Kalau tips yang satu ini ibaratnya wajib dilakukan demi bisa menahan lapar saat puasa. Tidak perlu ragu untuk menyisihkan waktu buat tidur siang karena dengan tidur, kamu juga bisa mendapat pahala selama puasa. Saat tidur, tubuh kamu otomatis membatasi aktivitas yang bikin badan cepat lelah. Selain itu, rasa lapar juga akan tidak terasa selama tidur. Namun tetap ingat ya, meski tidur adalah ibadah, ini bukan berarti kamu boleh bermalas-malasan seharian. Berikan porsi waktu yang seimbang untuk tidur dan melakukan kegiatan lainnya.

Nggak susah kan ternyata untuk menahan lapar saat puasa? Kalau sudah menjelang buka puasa, nggak ada salahnya kok untuk buka Nibble dan hunting makanan buat buka puasa nanti. Di Nibble ada referensi banyak sekali makanan favorit kamu lengkap dengan keterangan restoran terbaik di mana kamu bisa mencicipi makanan tersebut. Buat yang belum tahu Nibble, kamu bisa klik di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *