7 Cara Menahan Lapar Saat Puasa
7 Cara Menahan Lapar Saat Puasa
30/05/2017
Cara Manfaatkan Putih Telur untuk Mengencangkan Kulit
Cara Manfaatkan Putih Telur untuk Mengencangkan Kulit
05/06/2017
Hal yang Disarankan Agar Frustasi Tak Berubah Jadi Murka

Pernahkah Anda mengalaminya? Ketika suatu hari berbagai kabar buruk datang melanda pikiran dan tanpa ada peringatan muncul sebuah ‘pemicu’ membuat kita lalu meledak dalam amukan emosi.

Psikolog mendeskripsikan situasi seperti itu sebagai zona merah. Kondisi di mana pikiran mulai tak terkendali dan dalam hitungan detik seseorang dapat tenggelam dalam emosi.

“Jika Anda tidak bisa mengendalikannya Anda akan mulai menendang-nendang, berkata kasar, menggoyang-goyangkan kepalan tangan dan segala macam sinyal non-verbal lainnya,” kata psikolog klinis Dr Daryl Cross seperti dikutip dari ABC Australia.

“Seringnya hal ini dipicu oleh sesuatu yang berada di luar kendali kita,” ungkap Daryl.

Jadi apa yang bisa dilakukan untuk bisa menghindari situasi tersebut? Menurut Daryl yang terpenting adalah seseorang harus bisa paham dulu apa yang sedang ia alami. Gejala seperti tegangan pada rahang dan pundak, tangan mengepal, hingga bermuka masam dapat menjadi tanda fisik adanya peningkatan emosi ke titik kritis.

Bila sudah terasa seperti itu maka segera sadar diri. Daryl mengatakan seseorang dapat memberikan kalimat motivasi atau cukup sekedar mengingatkan pada diri sendiri bahwa dirinya tidak akan terpicu.

“Anda harus cukup pintar untuk bisa sadar bahwa temperatur emosi Anda sedang meningkat,” pungkas Daryl.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *